Tips Membangun Kepercayaan Diri
Afif Luthfi Avatar

Written by afifluthfi

June 10, 2020

Motivation

Tips Percaya Diri

Ada beberapa orang di antara kita yang merasa minder atau kurang percaya diri sehingga dia tidak mau melakukan suatu hal yang sebenarnya positif. Dari mana datangnya rasa kurang percaya diri itu dan bagaimana mengatasinya? saya akan kupas dua hal yang paling penting.

Pertama, jika kamu ingin lebih percaya diri Lihatlah sisi positif dari diri kamu. Inventarisir semua kelebihan kamu dari yang kecil maupun yang besar. Tulis dan lihatlah baik-baik kelebihan-kelebihan kamu. Meskipun menurut kamu rasanya biasa-biasa saja tetaplah untuk menuliskan kelebihan-kelebihan positif itu, misalnya:

  • Saya orang yang mau belajar.
  • Saya orang yang jago berolahraga.
  • Saya bisa mengendarai mobil.
  • Saya punya usaha kecil-kecilan.
  • Saya masih muda, dsb.

Dengan mengetahui kelebihan-kelebihan kita, kita dapat menjadi lebih percaya diri. Tidak harus kelebihan tapi itu adalah sesuatu yang positif. Dan yakinlah bahwa jika Tuhan mengurangi sesuatu pasti ada sesuatu yang dilebihkan-Nya. Pun termasuk pada diri kita, karena kita diciptakan sudah dalam bentuk satu paket kelebihan dan kekurangan. Fokuslah untuk membangun kelebihan kita dan jangan terlalu lama meratapi kekurangan kita. Dengan fokus membangun kekuatan sebetulnya kita akan menjadi lebih positif dan kekurangan itu akan tertutupi dengan sendirinya.

Poin yang kedua adalah, jika kita ingin adil Jangan pernah membandingkan diri kita dengan orang lain. Bandingkanlah diri kita yang sekarang dengan diri kita yang dulu. Sehingga fokus ada pada bagaimana kita mengembangkan diri bukan memikirkan orang lain. Sebab minder terjadi karena kita sering membandingkan diri dengan orang lain

Jadi sekali lagi, bersikaplah positif pada diri sendiri dan stop mebanding-bandingkan dengan orang lain. Ketika kamu fokus membangun potensi diri, kamu akan lebih percaya diri dari sebelumnya.

Ditulis oleh: Afif Luthfi

Sebagian orang memang membiarkan dirinya terlihat apa adanya, sebagian lagi menutup rapat agar yang terlihat hanya yang baik-baik saja. – sepositif

Banner Maestro Public Speaking Afif Luthfi

Related Articles